Senin, 23 Januari 2017

Review Oli Pertamina Enduro 4T Racing

Sobat para pecinta motor sekalian, ane sudah lama menyimpan botol oli ini, tujuannya tentu bukan buat koleksi, tapi untuk difoto dan direview. Hari ini baru dapet kesempatan untuk menyampaikan hasil temuan ane

Oli Pertamina Enduro 4T Racing

Oli ini mempunyai spesifikasi SAE 10W/40 API Service SL JASO MA2 dengan peruntukan kendaraan Roda 2. Menurut kemasannya oli ini merupakan oli sintetik.
Sedikit intro cerita, sebenarnya ane bukan mau beli oli ini, tapi Pertamina Prima XL 10W40. Cuma waktu ane ke POM bensin, ga ada stok, jadilah ane ambil oli ini. Itung-itung nyobain, kalo cocok terusin, halo ga cocok ya ganti. Oli ini ane tuang ke si Browny, Supra X Helm In PGMFI.

Performance

Performance si Browny terasa biasa-biasa saja, mungkin ada penurunan perfornance, tapi ane ga merasakannya. Penggunaan oli kental jelas lebih membebani mesin. Oper gigi juga smooth no problemo. FYI spesifikasi oli anjuran Honda adalah 10W30.

Kenyamanan

Nah ini dia kelebihan Enduro 4T Racing, getaran mesin jelas lebih halus dibanding oli bawaan motor AHM MPX1. Suara juga lebih halus, maklum sih oli kental.

Harga

Oli ini tidak ada kemasan 800ml, yang ada hanya botol 1 Liter (atau ane yg ga tau ya). Harganya waktu beli sekitar 60 ribu rupiah. Cukup murah untuk oli sintetis walaupun masih lebih mahal dari AHM SPX1 tapi selisihnya tidak terlau jauh.

Pemguapan

Penguapan cukup normal untuk ukuran oli sintetik yaitu berkisar 50ml per 1000km. Ane ingatkan bahwa penguapan ini tidak sama untuk setiap motor, karena tergantung dengan berbagai kondisi. Jika memakai oli ini periksalah oli anda setial 1000km sekali dan menambahkannya jika berkurang.

Daya Tahan

Menurut websitenya oli bisa dipakai sampai 5000km, tapi ane menggunakan oli ini sampai 3000km saja. Memang 2000 km pertama oli masih terasa enak (mesin dan getaran halus) setelah itu mulai menurun kemampuannya.

Kesimpulan

Ane merekomendasikan oli ini untuk digunaan agan-agan sekalian, apalagi jika bosan dengan suara berisiknya oli encer semacam 10W30. Oli ini dirancang untuk kondisi extrim dan tahan panas. Hanya saja usia pakainya tidak lama. Yah begitulah, ada harga ada rupa.


3 komentar:

  1. Mirip top 1, pemakaian berkelanjutan tidak baik , slip kopling, mulai bnyak palsu ati ati baunya sangit, dipakai di hsx125dd

    BalasHapus
  2. Salam kenal, gan... Saya baru jadi Supraholic, nih.. Motor saya sama dengan motor agan, Supra X 125 Helm In... Menurut agan oli untuk 'motor kita'(ciee... Ceritanya SKSD) yang paling te o pe be ge te apa yach? Harga nomor 2 nich.. Presiden nomor 1... Hehe.. Kidding, gan.. Beneran juga bisa sich... Kembali ke laptop, gan.. Trims

    BalasHapus
  3. mantap gan saya kemrin juga pakai enduro 4t racing ,memang terasa lebih ringan tarikan sebelumnya

    BalasHapus