Sabtu, 09 Juli 2016

Review Oli AHM MPX1 dan SPX1 Orange

Oli AHAM MPX1 dan SPX1

Udah lama ane gak nulis di blog ini, berhubung dengan kesibukan ane kerja.Maka kali ini ane mencoba menampilkan tulisan mengenai pengalaman ane menggunakan oli AHM MPX1 dan SPX1.
Ane menggunakan oli standar pabrikan Honda ini ketika membeli Hondar Supra X125 Helm in, yang ane namai si Browny, Sebelumnya ane blum pernah menggunakan oli AHM.  Oli yang sering ane gunakan adalah Mesran Prima XP, KGO (Oli Kawasaki) dan Shell AX5.
Kedua oli adalah oli encer dengan tingkat kekentalan SAE 10W30. Entah apa alasan AHM untuk menggunakan oli encer di Indonesia yang bercuaca panas ini. Berbagai referensi di internet menyebutkan bahwa untuk iklim tropis lebih baik menggunakan oli lebih kental seperti 10W40 atau 20W50. Ada dua kemungkinan alasan AHM:
  1. Clearance antar komponen mesin lebih rapat/presisi 
  2. Untuk menghemat bahan bakar.

Oli AHM MPX1

Ane percaya bahwa oli inilah yang dimasukan pada waktu ane menerima motor dari dealer. Oli ini juga bukan produk AHM melainkan rebranding pabrikan oli lain, entah merek apa. Oli ini berbahan dasar mineral dan berspesifikasi SAE 10W/30 API Service SJ.

Performance

Dari segi performance oli ini patut di acungi jempol, karena mesin terasa responsif. Ketika di gas si Browny langsung ngacir. Oli ini juga ane gunakan ketika melahap tanjakan di Ciwidey dan Tangkuban Perahu. Motor jadi yahud larinya, maklumlah oli encer memperingan kerja mesin. Gejala slip kopling juga tidak ada.

Kenyamanan

Getaran mesin cukup halus meskipun tetap terasa di setang. Namun suara mesin agak kasar, masih lebih halus Supra 100 ane dulu. Oper gigi, kalau pas, akan lancar dan smooth.

Harga

Dari segi harga memang lebih mahal dari oli lain dengan kualitas yang mirip. Dulu pertama kali beli harganya Rp. 42 ribu dengan ukuran 800ml. Sementara Shell AX5 harganya Rp. 33 ribu. Mungkin karena biaya pembuatan oli encer lebih mahal dari oli kental.

Pemguapan

Ini yang ane takutkan waktu memakai oli AHM MPX1 karena di internet banyak sekali  keluhan yang menyatakan tingkat penguapan yang tinggi. Ane sampe beli botol yang 1 liter untuk jaga-jaga. Tetapi pada kasus motor ane hal ini tidak terjadi. Penguapan sangat minim, bahan ketika dipakai sampai 1500 km, tidak ada penguapan yang berarti. 

Daya Tahan

Hal ini juga banyak dikeluhkan oleh para pengguna AHM MPX1, contohnya di kaskus. Klaim dari AHM oli ini bisa digunakan sampai 4000km, yaitu setiap interval service. Jadi pemilik dapat mengganti oli sekalian service motor. Tapi pada kenyataannya hal ini sulit tercapai, karena pada 1500km getaran motor sudah mulai kasar dan oper gigi suka nyangkut. Jika dilihat secara kasat mata, kualitas oli masih bagus karena masih berwarna coklat kehitaman dan juka diraba juga masih terasa licin. tapi juga digunakan sudah kurang nyaman.


Oli AHM SPX1

Oli AHM SPX1 yang menggunakan botol orange adalah oli berbahan dasar sintetik dengan spesifikasi 10W30 API Service SJ. Oli ini juga bukan produk AHM tetapi kabarnya adalah produksi Repsol yang di rebrand AHM. Kabarnya belakangan AHM mengganti oli Repsol dengna oli  Federal. Oli ini diperuntukkan untuk motor CB/CBR series tapi dapat juga digunakan untuk motor honda tipe lain.

Harga

Dengan harga Rp 46 ribu oli AHM SPX1 adalah oli sintetik termurah yang ane tau. Bedanya juga sedikit dengan oli MPX1. Kok bisa begitu ane juga kurang tau.

Performance & Kenyamanan

Hal ini subyektif, tapi ane merasakan ada sedikit peningkatan performance jika dibandingkan dengan oli MPX1 di atas. Walaupun tida terlalu signifikan. Demikian juga dari segi kenyamanan juga ada peningkatan walaupun sediit, getaran dan suara lebih halus. Oper gigi juga lebih lancar.

Penguapan

Dalam hal ini terjadi perbedaan yang signifikan dengan oli MPX1, ternyata tingkat penguapan oli SPX1 cukup tinggi. tercatat setiap 1000 ada pengurangan volume sekitar 50ml. Jadi jika penggantian dilakukan setiap 4000 maka ada penguapan sebesar 200ml. Untungnya ane gak pernah mengganti sampai 4000km. dan setiap 1000km ane cek ketinggian oli melalui tongkat tutup oli. Jika kurang dari setengah daerah arsiran, ane tambah olinya.

Daya Tahan

Hal ini juga penjadi poin kelemahan dari oli AHM SPX1. menurut pabrikanoli ini dapat digunakan sampai 8000km untuk Honda CBR. Memang oli ini dibuat khusus untuk motor dengan radiator. Tapi untuk mesin berpendingin udara, oli akan cepat rusak ketika mesin overheat.
Setelah 1500km oli mulai terasa tidak enak, gejalanya sama dengan oli MPX1, getaran dan suara jadi agak kasar,

Kesimpulan

Oli AHM MPX1 dan SPX1 adalah oli yang cukup bagus untuk penggunaan standar. Walaupun tidak bisa dikatakan istimewa, oli ini cukup baik untuk penggunaan sehari-hari. Oli ini tidak ane rekomendasikan untuk penggunaan ekstrim seperti kebut-kebutan dan macet parah. Jika anda ingin tetap menggunakan oli AHM MPX1 dan SPX1 perseringlah interval penggantian oli menjadi 1500-2000km saja. 
Kedua oli ini juga tidak rekomendasikan untuk motor-motor lama yang celah antar komponenya sudah renggang, karena oli ini terlalu encer dan dapat rembes ke ruang bakar dan susut secara drastis. Akibatnya mesin cepat overheat dan rusak.
Sekedar mengingatkan selalu membeli oli AHM di dealer motor honda berhubung dengan maraknya peredaran oli palsu. Ane selalu beli di AHASS.

Terakhir sekedar mengingatkan, untuk kualitas yang sama, oli lebih kental lebih baik memproteksi mesin dari pada oli encer. Penggunaan oli encer dalam jangka lama akan mepercepat keausan komponen-komponen mesin. Itu menurut ane. pegimane menurut ente?


29 komentar:

  1. Mantap review olinya,,, btw udah pernah pakai oli lebih kental buat si suhi, misal mpx3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang pake PrimaXP 10w-40 gan aslinya 10w-30

      Hapus
  2. Sudah gan, Pertamina Enduro Racing 4T (10W40) Dan Mesran Prima XP 10W40. Suara Lebih halus, tarikan ga tambah lemot.

    BalasHapus
  3. Masukkan komentar Anda...ok banget om bahasannya bisa jadi perbandingan ane pengguna spx 1 Trim's.

    BalasHapus
    Balasan
    1. maCama dek, ane juga kurang puas dengan SPX1

      Hapus
  4. mtr saya pake oli spx 1 tarikan awal nya berat,bensin cepet boros klau mtr di bwa pelan, itu buat oli ahm spx 1, tapi justru beda klau pke oli mpx mtr jadi enteng, tarikan enteng, bensin jadi lebih irit

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yah itu cocok2-cocokan aja gan. Kalo cocok dilanjut aja. kalau ane kurang cocok pake oli AHM

      Hapus
    2. Kalo boleh.minta saran...motor ane cb150r..pake bwt harian ,,macet macetan pula yg cocok spesifikasi apaan gan

      Hapus
    3. Pake oli standarnya udah bagus gan, kan motor agan ada radiatornya. Kalau mau lebih mantap ambil motul yg speknya sama.

      Hapus
  5. Kalo boleh minta saran .untuk motor cb150r ane ..pakean harian ..macet-macetan pula paling pas pake oli apa neah gan...
    Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo pakenya stadar2 aja pake olinya juga bawaan pabrik aja gan

      Hapus
  6. pengalaman ane pake spx1 motor revo fit suara motor lebih halus gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo cocok dilanjut ke pelaminan gan
      Maksud ane dipake terus yak

      Hapus
  7. Motorku all new supra x 125 fi yg ada colokan charger... Kira kira kalo diisi oli prina xp SAE 20W-50 apakah cocok cocok saja??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terlalu ketnal gan, maks 1 step lebih kental atau lebih encer jadi rangenya 0w 20- 5w30

      Hapus
  8. Motor saya astrea, bore up 125cc, mending pake mpx1 atau primaXP? Trus yg 1liter ya?

    BalasHapus
  9. Pakek oli ipone untuk motor supra GTR kira2 bagus ngga gan?

    BalasHapus
  10. Tunggangan saya cb 150r 2015,kira2 merk Motul/Enduro racing/prima XP enak pke yg mana ya bro?

    BalasHapus
  11. Motor cb150r 2015,olinya Motul/Enduro racing/prima XP kira2 pling enak yg mana bro?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kurang paham mas bro, mungkin bisa tanya di forum CB150r

      Hapus
  12. Cbr 150 cocok nya pakek oli apa ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pakek oli pertamina aja bos bagus. tinggal cari yang cocok aja SAE dan APi Service nya

      Hapus
  13. Wah reviewnya cukup membantu.terimakasih

    BalasHapus
  14. Ulasannya sangat membantu,terimakasih

    BalasHapus
  15. Minta saran bang. Misal penggunaan sering buat touring , lebih baik pakai oli mana bang ? Klu pake spx rasanya overheat

    BalasHapus
  16. motor ogut GTR pegoh, sering kali slip kopling, cocok nya pake oli apah yah gan.....?

    BalasHapus
  17. Masih enak mpx menurudku.
    Suara mesin halus
    Irit bbm
    Tarikan enak
    Klo menguap mnurdku g masalah ptg awet mesin nya.
    1 lgi yg ptg waktu oli di ganti oli nya berwarna hitam

    BalasHapus
  18. Masih enak mpx menurudku.
    Suara mesin halus
    Irit bbm
    Tarikan enak
    Klo menguap mnurdku g masalah ptg awet mesin nya.
    1 lgi yg ptg waktu oli di ganti oli nya berwarna hitam

    BalasHapus