Minggu, 10 Juli 2016

Honda Supra X Helm In Dengan Ban Besar




Supra X Helm In dengan Ban Besar
Seteleh digunakan sejauh 18.730 km ban belakang si Browny mulai botak. Sebagai langkah safety ane mengganti ban tersebut. Pengennya sih pake ban lebar FDR Genzi atau Sport XR ukuran 100/80. Saudara ane ada yang sudah mencoba ban tersebut di Honda Supra Helm in miliknya di velg standar belakang, hasilnya terlihat besar namun membulat. Menurut ane terlalu membulat. Sebagai informasi ukuran velg belakang Supra series (Kecuali supra GTR 150) adalah 1.6" ring 17. Ban standar belakang adalah IRC tipe FT 137 ukuran 80/90. Jadi hanya bisa di jejali maximum 1 step lebih besar yaitu ukuran 90/80 atau 90/90 supaya tidak terlalu mendonat.

FYI ban 80/90 artinya lebar ban 80mm dan tingginya 90% dari lebarnya alias 72mm.

Masalahnya, ukuran baku untuk velg tidaklah sama antar pabrikan ban, contohnya FDR menetapkan jika velg 1.6 maksimum menggunakan ukuran 80/90 atau 80/80. Jadinya memerlukan kejelian rider untuk memilih ban yang pas.

Dari sisi motornya sendiri sepertinya maksimum ukuran yang bisa masuk adalah 100/80 karena mentok dengan tutup rantai dan spakbor belakang. Memang ada juga yang pasang ban ukuran 110/80 di velg belakang, tapi ane gak tau gimana caranya. Kayaknya mesti copot tutup rantai.

Kembali ke laptop, maksudnya topik. Ane tanya-tanya kalau ganti velg racing aftermarket untuk supra doubledisk harganya 1 jutaan bro. Tidak sesuai dengan kantong ane. Juga tidak sesuai dengan manfaat, karena hanya beda 1 step antara ukuran 100/80 dan 90/80. Akhirnya ane memutuskan untuk menggunakan ban 90/90 di velg standar. Lebih lebar 1 step dan lebih tinggi 1 step. Penggunaan ban tinggi dimaksudkan supaya ban tidak terlalu mendonat dan juga supaya motor bantingannya lebih empuk

Teorinya gampang, kenyataannya ban 90/90 tubeles sangat langka di pasaran. Ada beberapa ban yang sudah ane lihat, tapi semuanya kembangannya kurang cocok dihati ane. Ada juga yang kembangannya cocok tapi pake ban dalem. Susyeh dah. Memang sangat jarang motor menggunakan ban 90/90, contohnya ban belakang Yamaha Vixion lama dan ban depan Bajaj Pulsar.

Akhirnya pilihan jatuh ke ban Zeneos ZN77 buatan PT Gajah Tunggal. Kembangnya bagus dan ada alur airnya. Tapi ternyata ini ban langka dan jarang yang jual. Yang jelas Planet ban, Sitepat dan satu lagi toko ban gak jual ban ini. Ane dapetnya di toko online di daerah Cibubur, Tio Jaya Motor. Orangnya ramah dan baik, kita ngobrol lama soal masalah seputar ban. Harga bannya Rp. 210.000 tapi belom sama pasang. Penjual menyarankan untuk pasang pake mesin di Cibubur, jalan Raya Bogor. Karena kalau pake tangan/manual dikhawatirkan velg boncel-boncel..

Ane ikutin sarannya, ongkos pasang Rp. 25000. Tip untuk mekanik Rp 5 ribu. Total keluar duit Rp. 245.000. setelah dipasang ban sedikit bergesekan dengan tutup rantai, tapi gapapa, lama-lama tutup rantainya comel sedikit karena tergesek ban.

Maka jadilah si Browny tambah ganteng dengan ban besarnya. Memang ban pabrikan terlihat kekecilan, kebanting dengan bodynya yang bongsor.Gimana menurut ente.
Untuk reviewnya baca Review Ban Zeneos ZN77 

Supra X Helm In dengan Ban Gambot



28 komentar:

  1. ban depannya diganti juga kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak masbro, masih lumayan. ban belakang emang lebih cepat botak

      Hapus
  2. Gak gan, Ban depan kembangannya masi 1mm lebih. IRC bawaan pabrik awet bener.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gan, mau tanya dong. Kalau ban bawaan supra x helm in dr dealer udh tubeless atau blm ya? Ane beli kok msh yg tipe tubetype ya gan?. Makasih sebelumnya utk infonya gan.

      Hapus
  3. ane baru beli helm in. trus mau pasang pelindung body yg juga berfungsi sebagai penjepit jas hujan seperti di motor agan. yg dari plastik warna hitam loh gan trus dipasang pake baut. tapi sudah keliling kota banjarmasin gak ada yg jual atau dah abis terjual. ada yg jual secara online kah? please infonya.

    BalasHapus
  4. Oh itu ada yang jual di tokopedia sama bukalapak gan. Kalo ga ada buat Helm in coba pake buat Supra X 125 yang baru, deknya kayaknya sama, paling modif dikit.

    BalasHapus
  5. Kalo buat ban depan ada rekomen kah gan yang ukurannya bisa "sebanding" sama bongsornya si zeneos di belakang? Sama2 pengguna HIFI nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pake ban apa aja okeh masbro, asal berkualitas. Ada harga ada rupa. Ane pake ban Aspira Maxio techno ukuran 70/90 harga 128 kalo ga salah. Cukup bagus tuh.

      Hapus
  6. Gan...mau tanya sedikit nih
    Ane pasang dimotor yg sama dengan punya agan depan 80/90-17 dan belakang 90/80-17 tubeless lg...krn banyak ranjau dijalan yang ane lewatin...intinya apa bener pemasangannya rotasi ban antara belakang dan depan dibalik alias berlawanan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu udah bagus, tapi kalau ada yang belakang pakek 90/90 cuma jarang ada ukuran itu. Kelihatannya lebih besar dari yg 90/80.

      Hapus
  7. Maafas mau nanya, untuk upgrade ban depan agar tampak sedikit membulat itu digunakan ban ukuran berapa ya untuk supra x 125 dengan velg standar?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yg lebih lebar 1 step gan, aslinya 70/90 jadi 80/90 gan. Pake ukuran ban belakang aja gan buat ban depan

      Hapus
    2. Kalau ban belakang 100/80 tubles.
      Depan 80/90 gimana gan?

      Hapus
    3. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

      Hapus
  8. Kalo belakang 100/80 efeknya ban terlalu membulat/donat. Kecepatan tinggi kurang stabil, tapi nikung ok.

    BalasHapus
  9. Kalo ban belakang supra x 125 fi ukuran ban 90/90-17 maka ban depannya yg pas ukuran brp sob?

    BalasHapus
  10. Bang maksimal ban untuk velg standar supra x brp?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belakan bisa pakai 100/80 tapi nge-donut banget

      Hapus
    2. Kalau pakai lingkar 185/17 bagaimana

      Hapus
  11. Kalo velg masih standard apa bs ganti ban tubeless jg?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa tapi pakai cairang, ribet.
      Ane juga pengennya gitu, tapi akhirnya nyerah ganti peleg

      Hapus
  12. Bisa saja, saya pakai ban belakang tubless sudah setahunan merk michelline aman selama pemakaian dan sudah dipakai dps-sidoarjo pp tidak ada kendala

    BalasHapus
  13. Loh pelegnya udah ganti, bukan yang standar lagi dong

    BalasHapus
  14. Gan, mau tanya dong. Kalau beli supra x helm in dr dealer udh dpt ban tubeless atau blm ya? Ane beli dpt ban yg tubetype gan. Makasih gan.

    BalasHapus
  15. Kalau ring nya 185/17 ban 100-80 /17 bagaimana

    BalasHapus