Selasa, 06 Desember 2016

Mengganti Shockbreaker Honda Supra X 125 Dengan Shockbreker GL Pro.

Salam Biker,

Dear pembaca sekalian, ane mau curhat masalah si Browny, udah lama shockbreaker belakang si Browny (Supra X Helm In) mati. Kasian buritan ane yang kesakitan setiap kali jalan jauh. Shock ori-nya emang empuk banget, mantap di segala medan, cuma kalo nikung kurang enak, mungkin terlalu lembut. Karena empuk inilah mungkin jika sering dipakai boncengan terasa amblas dan akan cepat lemah/rusak. Terbukti pada km 24 ribu shock mulai terasa kurang enak, apalagi melewati poldur, whuaahhh sakit.

Setelah browsing mbah google, ane dapet info bahwa shock GL Pro dapat dipasang di Supra X 125 tipe apa saja. Shock GL Pro ini lebih pendek dan lebih keras dari shock aslinya tapi unggul dari segi handling dan keawetan. Sebagai info panjang shock breaker belakang  Supra X Helm In adalah 340 mm  atau 34 cm sementara GL Pro 320 mm atau 32 cm. Yo wiss lah, mulai cari-cari barangnya di toko online. Shock GL Pro ori Honda harganya Rp. 280 ribu, tapi ada alternatif shock aftermarket GL Pro mereknya Nakasone dengan harga Rp. 190 ribu saja dengan ongkos kirim Rp. 40 ribu total 230 ribu. Katanya penjualnya kualitasya mendekati Ori, ane percaya deh. Tokonya ada di Bandung.

Shock Breaker GL Pro akan Dipasang ke Supra X 125

Setelah beli dan barangnya tiba di rumah, beberapa minggu kemudian baru ada kesempatan menggantinya. Mulailah operasi cangkok shock GL Pro ke si Browny.
  1. Pertama-tama buka sekrup body belakang si Browny kiri-kanan masing2 ada 4 sekrup dengan obeng +. 
  2. Buka bagasi sekaligus jok (joknya ga usah di copot), dengan mebuka 3 baut dengan kunci T ukuran 8
  3. Buka tangki dengan melepas ke 4 bautnya, tapi ga usah di angkat cukup digeser
  4. Buka baut shoc breaker yang bawah, tidak terlau sulit
  5. Buka Baut shockbreaker yang atas.
Persiapan membuka Shockbreaker Supra X Helm In
Lepaskan shock dari dudukan yang bawah. Nah, tibalah dengan bagian tersulit, yaitu membuka shock dari duduan/as yang atas. Jarak antara ujung as dengan body sangat pendek, hanya berkisar satu panjang mur (kurang lebih 1,5 cm) sehingga untuk mengeluarkan shock, body harus didorong ke dalam sambil shock dimiringkan. Lumayang susah emang, tapi bisa kok. Karena ga mungkin kita membuka body untuk melakukan ini. Oh ya, lubang shock ada bos dan karetnya, ini mungkin copot/terpisah saat, mencoba mengeluarkan shock.

Ahh akhirnya copot juga kira kanan, legaaa. Setelah copot ane coba ukur ternyata emang lebih panjang shock aslinya. Berikut penampaannya:
Shock Supra X helm In (Kiri) dan Shock GL Pro (Kanan)
Setelah ane liat ternyata ukuran lubang bos GL Pro yang atas lebih besar, sedangakan yang bawah sama persis. Sehinga perlu dilakukan operasi kecil memindahkan bos serta karet shock supra ke Shock GL. Bosnya gampang copot, tapi karetnya supra X cukup sulit copotnya, mesti di getok pake benda bulat. Demikian juga waktu di pasang di Shock GL, perlu digetok pake palu.

Setelah bos dan karet dipindah dua-duanya, tingal pasang ke Browny, urutannya dibalik aja. Pasang dudukan yang atas, lalu bawah. Pasang lagi semua baut dan sekrup.
Shock Baru si Bwony
Waktu yang ane perlukan untuk mengganti shock si Browny sekitar 2 jam, sebenarnya bisa lebih cepat kalo udah pernah bongkar. Begitulah sekelumit pengalaman ane mengganti shock motor ane.


Bonus gambar bagasi supra X Helm In, guede bangat.
Bagasi Beserta Jok Supra X Helm In, Segede Ember



44 komentar:

  1. Ahehehe bermanfaat banget gan, apalagi buat saya yang sama2 rider supra helm in yang partnya susah buanget carinya������
    Sukses terus komandan����

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masa sih, kalau di Jakarta masih banyak onderdilnya. Kalo di daerah mungkin langka.

      Hapus
    2. Itu yg kanan mentok ama braket cakram gak om?

      Hapus
  2. Itu motor supra 125 type apa?

    BalasHapus
  3. bro itu apa g tambah rendah ? klo selisih 2cm. untuk shock gl nyanya bisa di setting ketinggiannya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya gan emang tambah rendah, tapi aslinya jok supra itu emang tinggi, lagian ane pakek ban gede 90/90 jatohnya pas

      Hapus
  4. Boss klo untuk revo 2011 , punya info ato saran gak

    BalasHapus
  5. Gan itu kotak hitam kecil yg ada di bawah jok pas jok di copot apa flasher?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lurang tau gan, mungkin juga ECU, karena kabelnya banyak

      Hapus
  6. Bro itu ruang antara ban sama spakbor belakang gimna masih longgar kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih gan, padahhal ane pake ban 90/90 gabpernah mentok

      Hapus
  7. Pànjang sama pakai shock verza, klw gl pro + ganti pangkon pengngan baut yg lbh panjang , ok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Panjangnya sm dg shock Verza? Ukuran lubang bosnya apakah sm dg shock Supra?

      Hapus
  8. Gan, kalau ban depan 80/90-17 1.40 dan ban belakang 90/80-17 1.60 di motor 'kita' (red- SX125 Helm In), kira-kira gimana menurut agan? Maksudnya kira-kira apakah berasa nggak tingginya yang di depan (menurut agan)? Dan apakah besar pengaruhnya untuk safety (kalau dipakai di jalan tanjakan)? Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. masih dalam kategori normai itu mas bro, tapi kalo ujan ati2

      Hapus
    2. kalo untuk safety nya mantap gan , soalnya gaya geseknya ke aspal lebih besar. kalo untuk pembawaan bannya berpengaruh di motor . pembawaannya lebih berat gan.
      ane saranin pakek ban primax sk-02 rain attack . untuk di jalan panas lumayan mantap gan (kalo jalan panas lebih enak pake sk-01) kalo pas hujan ban bisa lebih banyak mengalirkan air . jadi tidak mudah selip. harganya pun gak semahal sk-01 gan. 👍

      Hapus
  9. Maaf bang tolong review shocknya gimana handling dan kenyamanan dijalan berlubang tidak rata dan bergelombang dan berboncengan.terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hampir sama aja mas bro, ane ga nerasain perbedaan apa2

      Hapus
  10. Kualitas empuk /handlingnya bagaimana bro dibandingkan yang ori? Hampir samakah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau menurut perasaan hampir ga ada bedanya

      Hapus
  11. Makasih sekali Bro.. Artikelnya sangat membantu

    BalasHapus
  12. Bang kalo supra x 125 di pasang shock belakangnya tiger revo yg ada tabungnya bisa ap??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Check bosnya sama ga?
      Shocknya muat ga di body supra?
      Kalau sama berarti OK

      Hapus
    2. mungkin tabungnya kalo posisi di bawah kemugkinan natap ke caliper belakang gan , cari tabungnya yang di atas gan.

      Hapus
  13. Supra x 2008 bisa gak Bro, pakai shock GL,,,

    BalasHapus
  14. Supra x 125 th 2008, bisa Bro pakai shock ini,,,

    BalasHapus
  15. Buat sendirian keras gak lur...

    BalasHapus
  16. Bang skok supra x 110 dipasang kesupra x 125 apa bisa boss..??? Thanks

    BalasHapus
  17. Katanya klo diganti sama punyaknya gL pas sendirian ga berboncengan terasa katos tapi klo buat berboncengan atau bawa barang baru terasa empuk. Ini katanya temenku lho bro. Apa bener ya bro ?

    BalasHapus
  18. Bro kalau lewat polisi tidur kecil2 tp berjejer (speed trap) jedug2 atau ga ya? Helm in saya pakai yss selalu jedug2 keras pol kalau lewat speed trap

    BalasHapus
  19. saya mau ganti sok belakang supra x tapi pingin yg lebih panjang ukuranya, kiranya sok mana yg bisa di pilih ya gan

    BalasHapus
  20. kalo sok yg lebih panjang dr miliknya supra x 125 ada gak ya, pegenya ganti biar lebih tinggi

    BalasHapus
  21. Supra x 125 keluaran 2018 bisa gak pakai Shock verza atau gl pro biar lebih rendah.... Pnp

    BalasHapus
  22. Bang mau tanya, ban saya pakai ukuran 100/80, klo pake shock gl kayak abang masih bisa?

    BalasHapus
  23. Bang klo ban 100/80, pake shock gl masih bisa gak?

    BalasHapus